Ini Dia Berbagai Macam Teknik Memancing Dasar di Laut

Avatar photo

- Penulis

Sabtu, 11 November 2023 - 15:42 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Memancing merupakan aktivitas menangkap ikan dan berbagai spesies lainnya di laut. (Pixabay.com/jameswheeler)

Memancing merupakan aktivitas menangkap ikan dan berbagai spesies lainnya di laut. (Pixabay.com/jameswheeler)

BISNISIDN.COM  – Memancing merupakan aktivitas menangkap ikan dan berbagai spesies lainnya di laut. Tidak jarang orang menjadikan kegiatan memancing sebagai jalan untuk mencari nafkah atau hanya sekedar menjadi hobi.

Tahukah kamu, ternyata memancing di laut memiliki berbagai macam teknik loh, mulai dari memancing di tepian perairan hingga berlayar ke bagian tengah perairan laut.

Flying Lining

Flying lining merupakan teknik memancing ikan menggunakan umpan hidup yang ditempatkan pada mata pancing dan membiarkan umpan tersebut berenang menjauhi kapal.

Pada teknik ini, tali pancing diberi pelampung untuk menjaga kedalaman renang 0-10 mm.  Target tangkapan dari teknik memancing flying lining adalah ikan selar, ikan kembung, dan ikan-ikan yang hidup di permukaan laut lainnya.

Bottom Fishing

Baca artikel lainnya di sini : 5 Manfaat Ikan bagi Kesehatan Jantung, Kandungan Asam Lemak Omega-3 Bantu Relaksasi Pembuluh Darah

Bottom fishing merupakan teknik memancing menggunakan pemberat yang terbuat dari bahan dasar timah yang cukup besar agar bisa menenggelamkan umpan hingga ke dasar laut.

Teknik memancing bottom fishing menggunakan senar pancing dengan ukuran menengah ke atas.

Baca artikel lainnya, di sini: Jasa Siaran Pers Solusi untuk Kebutuhan Publikasi Press Release Secara Serentak di Puluhan Media dan Setiap Hari

Teknik memancing bottom fishing menggunakan umpan alami seperti udang, cacing laut, atau irisan daging tuna. Teknik ini umumnya menargetkan ikan-ikan yang berukuran besar.

Rilisbisnis.com mendukung program publikasi press release di media khusus ekonomi & bisnis untuk memulihankan citra yang kurang baik ataupun untuk meningkatan reputasi para pebisnis/entrepreneur, korporasi, institusi ataupun merek/brand produk.

Casting

Casting merupakan teknik memancing menggunakan umpan buatan/ minnow/ lure berupa tiruan ikan, serangga atau binatang laut. Teknik ini biasanya digunakan untuk memancing ikan kerapu, kakap, dan ikan laut lainnya.

Memancing menggunakan teknik casting dilakukan dengan cara melemparkan lure menuju target dengan menggunakan alat joran dan reel.

Negek

Teknik memancing negek menggunakan kail bermata 6 dan berbentuk menyerupai matahari yang dikenal dengan sebutan “garong”. Teknik ini biasa digunakan untuk memancing ikan baronang.

Teknik memancing negek biasa menggunakan umpan lumut laut, nasi atau sesuai makanan dari habitat ikan baronang yang hidup di daerah setempat.

Jigging

Jigging merupakan teknik memancing menggunakan umpan buatan yang dikenal dengan nama “jig”.

Teknik ini biasa digunakan untuk memancing ikan di spot laut dengan kedalaman 80-150 meter dengan target ikan dasar seperti ikan tuna, tenggiri, kerapu cokelat hingga oilfish.

Memancing dengan teknik jigging dilakukan dengan cara melepaskan jig dari atas kapal dan dibiarkan turun ke bagian bawah laut, lalu me-retrieve atau menggulung senar dengan variasi gerakan dan kecepatan.

Teknik Poping

Teknik poping merupakan teknik memancing ikan dengan cara melempar umpan buatan yang disebut ”popper” ke area titik target.

Dalam melakukannya, seseorang akan memainkan umpan seolah-olah seperti ikan yang sedang bergerak di atas permukaan sehingga menarik perhatian ikan yang menjadi target tangkapan.

Trolling

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Teknik trolling adalah teknik memancing yang diaplikasikan pada kapal yang sedang berjalan dengan kecepatan 5-7 knot. Teknik ini umumnya menggunakan umpan buatan rapala untuk memancing ikan tenggiri dan wahoo.

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

Umpan yang digunakan merupakan umpan buatan konahead yang berbentuk seperti cumi dengan warna mencolok untuk menarik perhatian ikan marlin, layaran, atau lemandang.

Teknik Surf Fishing

Teknik surf fishing adalah teknik memancing yang digunakan pada pinggiran pantai berpasir dengan panjang joran hampir 5 meter dan reel besar ukuran 4000 ke atas.

Teknik ini dilakukan dengan melempar umpan sejauh-jauhnya dan diberikan pemberat timah sebagai penahan umpan agar tidak terbawa ombak.

Teknik Rock Fishing

Teknik memancing rock fishing adalah teknik yang dilakukan pada titik batuan karang dengan panjang joran lebih dari 3 meter.

Teknik memancing rock fishing dilakukan dengan melempar benang pancing jauh turun ke bawah dengan target ikan-ikan di sekitar batu karang.

Jadi, itulah beberpa teknik memancing di laut yang dapat kamu aplikasikan.  SELAMAT MEMANCING.***

Berita Terkait

Kasus Importasi Gula PT SMIP, Kejaksaan Agung Periksa Ketua Tim Bidang Pertanian pada Kemenag
Pertumbuhan Ekonomi Tinggi tapi Tingkat Konsumsi Rakyat Rendah, Bukti Hanya Dinikmati Pemilik Modal
Olahraga Dapat Pertahankan Fungsi Sel Saraf Retina, Terungkap dalam Sebuah Hasil Studi Terbaru
Silahturahmi Idul Fitri: PROPAMI, LSP Pasar Modal, dan BNSP Pererat Hubungan Profesional
Sudah Ikhtiar ke Mana-mana Namun Belum Sembuh? Gunakan BioSaver Card 5758 untuk Solusi Kesehatan Anda
Perekonomian Indonesia 2024 akan Tumbuh pada Kisaran 4,7-5,5 Persen, Menurut Prediksi Bank Indonesia
FGD KADIN dan BNSP: Rangkaian Materi Mendalam di Menara KADIN Jakarta
Sampaikan Ucapan Selamat Tahun Baru 2024 kepada Relasi dan Mitra Bisnis Lewat Portal Berita Ini
Bisnisidn.com mendukung program sosialisasi brand (merek) produk/jasa melalui publikasi press release, content placement, dan iklan. Untuk kerja sama, hubungi: 085695769615

Berita Terkait

Rabu, 24 Juli 2024 - 10:54 WIB

AQUA Komitmen Kembalikan Air ke Alam Dibandingkan untuk Produksi, Termasuk Lewat Konservasi

Selasa, 16 Juli 2024 - 09:19 WIB

Soal Isu Pembatalan Merger PT Bank MNC International Tbk dengan PT Bank Nationalnobu Tbk, Ini Tanggapan OJK

Senin, 15 Juli 2024 - 11:49 WIB

Kembali Cetak Prestasi di Kancah Global, BRI Jadi Bank Nomor 1 di Indonesia Versi The Banker Top 1000 Banks 2024

Kamis, 11 Juli 2024 - 14:37 WIB

Penyertaan Modal Negara Capai Sebesar Rp44,24 Triliun di 2025, Inilah Inilah Daftar Lengkap BUMN Penerima

Rabu, 10 Juli 2024 - 12:00 WIB

Dukungan Solvabilitas yang Tinggi, OJK Sebut Sektor Jasa Keuangan Indonesia pada Juni 2024 Terjaga Stabil

Selasa, 9 Juli 2024 - 10:28 WIB

Harga Gas Murah untuk 7 Industri Dilanjutkan, PT Pertamina Ditugaskan untuk Regasifikasi Gas Alam Cair

Selasa, 9 Juli 2024 - 08:36 WIB

Konvensi Nasional RSKKNI: Langkah Meningkatkan Kompetensi dan Perlindungan Konsumen Sektor Keuangan

Selasa, 9 Juli 2024 - 01:54 WIB

Standar Kompetensi Manajemen Risiko Perbankan Dibahas dalam Konvensi Nasional

Berita Terbaru